Jadwal Sidang

SIPP

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitera dan Panmud

di Pengadilan Agama Pekalongan

Pada hari ini, Rabu, 13 Juli 2016 Ketua Pengadilan Agama Pekalongan melantik Panitera dan Panitera Muda Hukum. Panitera Pengadilan Agama Pekalongan Drs. Kawakiby yang telah menjabat Panitera Pengadilan Agama Pekalongan selama kurang lebih 9 tahun telah resmi dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Panitera Pengganti  Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada tanggal 30 Juni 2016 yang lalu dan sebagai penggantinya adalah Drs. H. Jamali semula menjabat sebagai Panitera Pengadilan Agama Purbalingga, telah dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Panitera Pengadilan Agama Pekalongan dan pada hari itu juga telah dilantik dan diambil sumpah Panitera Muda Permohonan Mamnukhin, S.H yang semula menjabat Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Semarang.

KEHADIRAN PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN SEBAGAI ITSBAT KESAKSIAN RUKYATUL HILAL


Berkenan akan berakhirnya puasa Romadlon 1437 H dan dalam rangka menentukan 1 Syawal 1437 H. Kantor Kementrian Agama Pekalongan pada hari Senin tanggal 4 Juli 2016 bertepatan dengan tanggal 29 Romadlon 1437 H. Melakukan rukyatul hilal untuk penentuan satu Syawal 1437 H yang dilaksanakan di Gedung G lantai 4 Kampus STAIN Pekalongan, acara dimulai Jam 16.00 WIB sampai dengan selesai.

AUDIT KEUANGAN PIHAK III, SEKALIGUS PEMBINAAN

OLEH BAPAK KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

Pada hari rabu, tanggal 15 Juni 2016 tepatnya pukul 08.00 WIB Pengadilan Agama Pekalongan kedatangan Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam rangka Audit Keuangan Pihak ketiga dalam rangka adanya mutasi Panitera Pengadilan Agama Pekalongan Drs. Kawakiby menjadi Panitera Pengganti pada Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Rombongan tim pengawas tersebut terdiri dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Mansur Nasir, SH., MH sebagai Ketua Tim dan

 Ramadhan 1437 H di Pengadilan Agama Pekalongan

 

Pada  hari Senin tanggal 6 Juni 2016 M, bertepatan dengan tanggal 1  ramadhan 1437 H Pengadilan Agama Pekalongan Mengadakan kegiatan Sholat dzuhur berjamaah bersama di mushola Roudlotul Muqsithien Pengadilan Agama Pekalongan dilanjutkan dengan kultum yang bertugas menyampaikan kultum selama 1 bulan adalah bergantian mulai dari Ketua, wakil ketua, hakim sampai dengan pejabat yang di tunjuk. Untuk petugas lain seperti Mc, imam sholat dan muadzin juga sudah terjadwal bergantian. Untuk kegiatan ramadhan di hari pertama yang bertugas sebagai muadhin adalah Imam Setiawan, imam sholat adalah Bapak Drs. Kawakiby Panitera Pengadilan Agama Pekalongan, pembawa acara Bapak Asmono, SH Sekretaris Pengadilan Agama Pekalongan dan yang bertugas sebagai penceramah atau mengisi kultum adalah    Ibu Dra.Mustaqaroh, SH. MM. ketua pengadilan Agama pekalongan. didalam kultumnya beliau menyampaikan bahwa  sejarah di wajibkanya berpuasa sudah ada sejak dari  zaman nabi adam,As sampai zaman nabi  akhirul zaman yaitu Nabi   Muhammad Rosulullah  saw. Bahwa didalam kultumnya beliau menyampaikan bahwa semua makhluk Allah itu pernah melaksanakan puasa tidak hanya manusia missal seperti tumbuh2 an, hewan, dls itu juga pernah melakukan puasa menurut cara atau aturanya masing masing.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan kultum dengan dijadwalkannya petugas bergiliran  adalah sebagai berikut :

1.   Untuk saling menimba ilmu juga untuk belajar tampil di depan umum, agar kita siap sewaktu-waktu tampil di luar atau di tempat umum.

2.   Disamping itu juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan semua pegawai di Lingkungan Pegawai di Pengadilan Agama Pekalongan

3.   Juga untuk mempererat  persaudaraan dan tali silaturahmi antar Pegawai Pengadilan Agama Pekalongan

4.   Dan untuk saling berwasiat dalam kebaikan atau bisa dikatakan untuk berlomba lomba dalam kebaikan ( berfastabiqul khoirot ) selama bulan ramadhan ini.

 

Selesai kultum ada  sebagian pegawai yang memilih untuk bertadarus, ada juga pegawai yang  memilih  untuk melanjutkan  pekerjaan masing – masing dan tetap melayani masyarakat pencari kedilan.