Pengadilan Agama Kelas 1A Pekalongan

Jl. Dr. Sutomo No.190 Pekalongan Timur - Kota Pekalongan

Ditulis oleh Admin Pengadilan Agama Pekalongan

 

RAPAT DINAS BULAN OKTOBER 2017

 

Pekalongan,  Rabu tanggal 18 Oktober 2017  tepat Pukul 14.00 WIB diadakan rapat dinas bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pekalongan, dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, seluruh pejabat  kepaniteraan dan Sekretariatan serta pegawai honorer Pengadilan Agama Pekalongan ikut serta dalam rapat dinas. Rapat dinas diawali dengan bacaan basmallah dilanjutkan kultum oleh Bapak Drs. H. Zaenuri, M.Hum. dalam kultum tersebut beliau menyampaikan bahwa Malaikat akan mendo’akan kita apabila kita:

-  Berada di dalam Masjid dalam keadaan suci dari hadast;

-  Mau mendo’akan orang lain tanpa sepengetahuan oleh orang yang dido’akan;

-  Selalu berinfaq / bersodaqoh di waktu pagi hari;

 

Silanjutkan laporan dari Panitera Muda Hukum, kemudian laporan dari masing-masing bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Pembinaan Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Drs. H. Wahid Abidin, M.H. dalam pembinaanya beliau menyampaikan pentingnya  maklumat Ketua Mahkamah Agung untuk disampaikan,  juga  menjelaskan tentang point penting isi dari Maklumat Ketua MA, bahwa sebagai  upaya untuk membersihkan aparatur peradilan dari perilaku negatif, Mahkamah Agung mengeluarkan beberapa peraturan yaitu : Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 7, 8, 9 Tahun 2016 yang terkait dengan pembinaan dan pengawasan aparatur peradilan dan untuk yang terakhir adalah Ketua Mahkamah Agung  mengeluarkan Maklumat Ketua MA No. 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur MA, dan Badan Peradilan di bawahnya. Bapak Ketua juga menyampaikan bahwa  perlunya kita untuk merespon dan  menyikapi isi Maklumat Ketua Mahkamah Agung tersebut terkait adanya tanggung jawab yang berjenjang, untuk mengadakan pembinaan beserta jajarannya dan harus dilengkapi dengan dokumen pendudung. Beliau juga dengan tegas menyampaikan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran perilaku pegawai di Pengadilan Agama Pekalongan baik dari  Hakim, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan serta Jurusita dan Jurusita Pengganti serta aparatur peradilan di bawahnya dengan melakukan pengawasan dan pembinaan baik di dalam maupun di luar kedinasan secara berjenjang.

Dilanjutkan pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs. Muhlas, SH., MH. menyampaikan bahwa SIPP bersifat melekat pada pegawai sehingga meskipun pegawai tersebut sudah pindah ke instansi lain baik dan tidaknya pekerjaan akan tetap berpengaruh pada SIPP, kita harus bisa membedakan antara petugas Informasi dan Humas. Terkait dengan petugas Informasi mengacu kepada KMA Nomor 114 (Transparasi tentang produk Pengadilan), untuk pengaduan yang lainnya yang menangani adalah petugas Humas. Bahwa petugas Humas lebih luas ruang lingkupnya.

Panitera Pengadilan Agama Pekalongan Drs. H. Jamali menambahkan hasil pertemuan Panitera dan Sekretaris  di  Hotel Ciputra Semarang dalam acara Quality Assurance, menyampaikan bahwa uang  titipan pihak ke tiga dengan uang perkara harus terpisah.

Sekretaris Pengadilan Agama Pekalongan Asmono, SH., juga menambahkan untuk uang yang disimpan di brankas maksimal Rp. 50.000.000,-  tidak boleh lebih.

Rapat ditutup dengan bacaan Hamdallah.

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

RAPAT PERSIAPAN SERTIFIKASI PENJAMIN MUTU

Pekalongan, Selasa tanggal 17 Oktober 2017 Ketua Pengadilan Agama Pekalonga mengadakan Rapat Dinas untuk mempersiapkan pelaksanaan Sertifikasi Penjamin Mutu. Rapat diadakan tepat pukul 08.30 WIB sampai dengan 09.00 WIB bertempat di Ruang sidang Pengadilan Agama Pekalongan, hadir dalam rapat tersebut Ketua, Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan, para Hakim, pejabat Struktural dan Fubgsuonal serta Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Pekalongan. Adapun maksud dan Tujuan dalam rapat tersebut disamping untuk Pembagian tugas dan Penunjukan  Surat Keputusan  Penanggung Jawab pelaksanaan Sertifikasi Penjamin Mutu juga menentukan waktu dan pelaksanaan Sertifikasi Penjamin Mutu.

Rapat diawali dengan bacaan basmalah. Pengarahan Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Drs. H. Wahid Abidin, MH menyampaikan bahwa kita untuk segera melaksanakan Sertifikakasi Penjamin Mutu dan segera untuk membenahi segala sesuatu yang menjadi syarat pelaksanaan Sertifikasi Penjamin Mutu tersebut.  Dilanjutkan pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs. Muhlas, SH., MH. menyampaikan bahwa untuk terlaksananya sertifikasi Penjamin Mutu diantaranya adalah kita harus betul-betul bekerjakeras dan juga bekerja dari hati, sehingga kita akan bekerja dengan cepat dan juga selamat. Untuk terlaksananya Sertifikasi Penjamin Mutu diantaranya adalah untuk :  Memaksimalkan Pelayanan kepada Masyarakat pencari keadilan, terwujudnya Sarana dan Prasarana, diantaranya adalah untuk menjaga kebersihan, dan kenyamanan lingkungan kantor Pengadilan Agama Pekalongan,segala sesuatunya harus terdokumentasi. Tepat jam 09.00 WIB rapat ditutup dengan bacaan hamdallah.

 

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

HUT DHARMAYUKTI KARINI KE 15

Jum’at tanggal 29 September 2017  Pengadilan Agama Pekalongan mendapatkan giliran ketempatan  pertemuan Acara Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan yang diadakan setiap bulan sekali, pertemuan rutin bulan ini disamping sebagaimana biasa  dihadiri Ibu-Ibu anggota Dharma Yukti Karini cabang pekalongan dari Pengadilan Negeri Pekalongan, Pengadilan Agama Pekalongan dan Pengadilan Agama Kajen juga diundang pula Para Pelindung Dharma Yukti Karini Cabag Pekalongan karena pada acara pertemuan ini   bertepatan dengan HUT Dharma Yukti Karini yang ke XV pada pertemuan ini  disamping diadakan  lomba-lomba  dan penerimaan BDBS  kepada para siswa putra/putri dari Ibu-Ibu Dharma Yukti Cabang Pekalongan juga diadakan kegiatan Bhakti Sosial yaitu anjangsana ke Panti Asuhan Ar Rahman dan Rumah Tahfidz Al Bayan.

Acara Dharma Yukti Karini dimulai Pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pekalongan. Acara dibuka dengan bacaan basmallah di lanjutkan menyanyikan Mars dan Hymne Dharmayukti Karini.

Sambutan oleh Ibu Muhlas, mewakili ibu Ketua selaku tuan rumah, juga selaku ketua panitia lomba menyampaikan terimakasih kepada ibu-ibu yang telah berkenan hadir dalam acara pertemuan rutin ini, dan  menyampaikan permintaan maaf untuk pertemuan kali ini Ibu Ketua selaku Wakil Ketua satu tidak bisa hadir karena masih cuti. Dalam sambutannya selaku tuan rumah beliau menyampaikan mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan, selain itu juga untuk pertemuan kali ini diadakan pada akhir bulan karena menunggu pertemuan daerah yang diadakan di Purwokerto. Sebagai ketua panitia lomba juga mohon maaf yang sebesar-sebesarnya apabila dalam pelaksanaan lomba ini banyak kekurangan, baik sarana maupun prasarana.

Sambutan Ketua Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan Ibu Sarwono, menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu anggota Dharma Yukti Karini cabang Pekalongan yang berkenan menghadiri acara pertemuan ini, dan membacakan sambutan Ketua Umum Dharma Yukti Karini dalam rangka HUT Dharma Yukti Karini ke XV di Purwokerto, bahwa sebagai anggota Dharma Yukti Karini kita harus selalu bekerja sama, mentaati aturan dan santun, bahwa ketiga hal tersebut hendaknya diamalkan dalam berorganisasi, bahwa Dharma Yukti Karini secara tidak langsung sebagai pemersatu bangsa meskipun dalam lingkup terbatas.

Sambutan dari Bapak Pelindung satu yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs. Muhlas, SH. MH. karena bapak Pelindung I Drs. Sarwono, MH Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan tidak bisa hadir karena ada acara rapat koordinasi di Slawi. Dalam sambutannya Dr. Drs. Muhlas, SH. MH.  menyampaikan;

-       Dirgahayu Dharma Yukti Karini ke XV semoga semakin maju dan menjaga marwah Mahkamah Agung, dengan perannya Dharma Yukti Karini bisa menciptakan inspirasi dengan peran ibu yang positif sehingga membawa kebaikan kepada suami.

-       Dharma Yukti Karini sebagai sumber inspirasi karena kedudukannya, keterampilannya, kelembutannya dan kesahajaanya, bisa mewujudkan keluarga yang baik, lues tetapi tidak judes, kreatif tetapi ditak korupsi dan harus mampu  bijaksana, bersahaja dalam berpenampilan dan bersikap, melatih kepekaan sehingga muncul pribadi yang inner beauty. 

Acara ditutup dengan Pembacaan Doá oleh Bapak Drs. H. Hamid Anshori, MH Hakim Pengadilan Agama Pekalongan.

Selanjutnya pemotongan tumpeng.

Dilanjutkan dengan lomba-lomba dan penerimaan BDBS dan  pembagian door prize.

Acara dilanjutkan dengan Bhakti Sosial  anjangsana ke Panti Asuhan Ar Rahman dan Rumah Tahfidz Al Bayan.

 

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 2017

 

Pekalongan, "Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2017 diselenggarakan secara nasional dengan tema "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur" Upacara berlangsung tepat pukul 07.30 WIB. Diselenggarakan di Halaman depan Kantor Pengadilan Agama Pekalongan, dengan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan para Hakim, PaniteraSekretaris, Pejabat Stuktural, Pejabat Fungsional serta seluruh Pegawai Honorer Pengadilan Agama Pekalongan.

Bertindak sebagai  pembina upacara Drs. H. Wahid Abidin, MH, Ketua Pengadilan Agama Pekalongan. Suharjono, bertindak sebagai Komandan Upacara. Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada Pembina Upacara kemudian laporan Komandan  Upacara kepada Pembina Upacara, mengheningkan cipta yang dipimpin oleh pembina  upacara,  dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara,   pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dibacakan oleh Sri Agustuti, dan pembacaan Naskah Ikrar oleh Ali Tibrizi. Upacara berlangsung dengan khidmat ditutup dengan Pembacaan Doá oleh Drs. H. Khoirul Anwar, MH. Hakim Pengadilan Agama Pekalongan.