Pengadilan Agama Kelas 1A Pekalongan

Jl. Dr. Sutomo No.190 Pekalongan Timur - Kota Pekalongan

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANITERA PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN M. MUNIR, SH., MH.

Read more

PENGANTAR ALIH TUGAS Drs. H. JAMALI SEBAGAI PANITERA PENGADILAN AGAMA CILACAP

Read more

Pertemuan Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan di Pengadilan Agama Pekalongan

 

Pekalongan, 12 Agustus 2016 bertempat di Ruang Sidang satu Pengadilan Agama Pekalongan diadakan pertemuan Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan, acara tersebut  sekaligus dirangkai dengan acara Halal bi Halal sekaligus juga untuk memperingati Hari Ulang  Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71  diadakan lomba merangkai bunga,  dihadiri Ketua I, Ketua II dan Ketua III serta pengurus dan anggota Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan, yang terdiri Pengurus dan Anggota Dharma Yukti Karini Pengadilan Negeri Pekalongan, Pengurus dan Anggota Dharma Yukti Karini Pengadilan Agama Kajen, serta Pengurus dan Anggota Dharma Yukti Karini Pengadilan Agama Pekalongan. Acara diawali dengan pembukaan dengan bacaan basmalah, dilanjutkan menyayikan lagu Hymne dan Mars Dharma Yukti Karini.

 

 

 selanjutnya uraian khalal bi khalal   oleh Bapak Drs. H. Zaenuri, M.Hum. dalam uraian khalal bi khalal tersebut   Bapak Drs. H. Zaenuri, M.Hum menyampaikan khalal bi khalal yang serius dan yang basa basi,  pada initinya bahwa halal bi halal adalah saling memaafkan, dan beliau menyampaikan bahwa :

1.   mengucapkan permintaan maaf pada sesama muslim harus yang benar, jangan ikut-ikutan terbawa oleh kebiasaan salah kaprah seperti misalkan permintaan maaf dengan kata –kata minal aidin wal faizin itu adalah kebiasaan salah kaprah tapi sudah bisa dipahami oleh semua masyarakat muslim.

2.   Orang dengan mudahnya memberi maaf  kepada orang lain, kenapa ? karena orang yang meminta maaf tidak pernah menyebutkan kesalahan yang dia perbuat  kepada orang yang dimintai maaf.

3.   Meminta maaf yang sebenar-benarnya adalah harus menyebutkan kesalahannya.

4.   Orang biasanya telalu berlebihan dalam meninta maaf, kepada orang yang belum pernah dikenal bertemu lalu meminta maaf.

Bapak Drs. H. Zaenuri, M.Hum juga menyampaikan bahwa syurga adalah tempat orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain, jadi barang siapa yang ingin menjadi penghuni syurga jadilah orang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain.  Yang merasa punya kesalahan juga sebaiknya segeralah meminta maaf.

Dalam firman Allah SWT surat Ali-imrom ayat 134

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Acara selanjutkan adalah laporan perseksi, diteruskan dengan sambutan Ketua II Ny. Hj. Nur Hidayati Wahid Abidin selaku tuan rumah dalam sambutannya belian menyampaikan terimakasih kepeda ibu-ibu pengurus dan angota Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan yang telah berkenan hadir dalam acara ini yang diadakan setiap bulan sekali, dan   mewakili Ibu Ketua Pengadilan Agama Pekalongan  Dra.Mustaqaroh, SH., MM  yang telah memasuki masa purna tugasnya sebagi Ketua Pengadilan Agama Pekalongan per 1 Agustus 2016, belian menyampaikan kata-kata pamintan dan permintaan maafnya dari Ibu Ketua Pengadilan Agama Pekalongan   kepada Ibu-ibu semua karena tidak bisa hadir untuk berpamitan secara langsung pada pertemuan ini karena berbagai hal.

Selanjutnya pembinaan dari   Ketua Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan Ny. Suparti Sarwono, dalam sambutannya Ketua Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan menyampaikan terima kasih kepada Ibu-ibu pengurus dan anggota Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan yang telah berkenan menghadiri acara ini, dan mudah-mudahan pertemuan ini akan membawa manfaat dan juga kebaikan bagi kita semua. Terbukti dengan pertemuan ini kita mendapat banyak ilmu dan pertemuan ini akan mempererat tali persaudaraan diantara kita. Ibu Ketua juga menghimbau kepada ibu-ibu Dharma yukti karini untuk membiasakan tertib administrasi seperti misalkan jika sewaktu-waktu diminta data oleh sekretaris segera merespon untuk melengkapinya.

 

 

 

Acara selanjutnya lain-lain yaitu pembagian dorprize, dilanjutkan dengan lomba merangkai bunga. Kemudian penilaian hasil merangkai bunga dan penerimaan hadiah.

 

Alhamdulillahirabbil alamin acara  pertemuan Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan di PA Pekalongan berjalan dengan meriah dan lancar. Ditutup dengan Pembacaan doa oleh Ibu Hj. Dzilhidjah Suginoto.