logo

Melonguane | badilag.mahkamahagung.go,id

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H meresmikan operasional 85 Pengadilan Baru, Senin (22/10), di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi utara.

Dari 85 pengadilan yang diresmikan, 30 diantaranya Pengadilan Negeri (PN), 50 Pengadilan Agama (PA), 3 Mahkamah Syar’iyah (MS), dan 2 Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara di Indonesia timur serta berbatasan langsung dengan daerah Davao del Sur, Filipina.

“Kami berharap, dengan dioperasikannya pengadilan baru tersebut, dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan di seluruh pelosok Indonesia demi mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan,” ujar Ketua MA, di hadapan hadirin yang terdiri dari Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar, para pejabat Eselon I dan II MA, Gubernur Sulawesi Utara, Ketua DPRD Sulawesi Utara, Pangdam XIII Merdeka, Kapolda Sulawesi Utara, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Ketua Pengadilan Tingkat Banding Seluruh Indonesia, 85 Calon Ketua/Wakil Ketua Pengadilan Baru serta undangan lainnya.

Ketua MA menyatakan, peresmian 85 Pengadilan baru merupakan langkah strategis sekaligus bentuk perhatian dari pemerintah (eksekutif) dan Mahkamah Agung (yudikatif) dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait anggaran, Hatta Ali mengakui bahwa anggaran yang dialokasikan belum cukup. 85 pengadilan yang baru dibentukmasih memiliki keterbatasan sarana dan prasarana dalam operasionalnya, akan tetapi MA terus berupaya mengajukan permohonan anggaran untuk membangun kantor dan melengkapi infrastruktur pengadilan secara bertahap ke depannya.

Selain meresmikan operasional 85 pengadilan baru, Ketua MA didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Sekretaris MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo serta Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Sri Wahyu Maria Manalip juga melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kantor Pengadilan Negeri Melangguane, hal ini merupakan bentuk perhatian Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud yang menghibahkan tanah Pemerintah Daerah Talaud kepada MA sebesar 10.000m2.

Setelah peletakan batu pertama, kegiatan dilanjutkan dengan Konferensi Pers yang dihadiri awak media, dalam Konferensi Pers tersebut Hatta Ali menyampaikan bahwa peresmian operasional 85 Pengadilan Baru ini merupan tindak lanjut Keputusan Presiden Nomor 13 sampai 18 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Pengadilan Baru, sekaligus sebagai langkah nyata MA dalam pengimplementasian visi Mahkamah Agung dalam mewujudkan peradilan yang agung, karena layanan untuk mendapatkan keadilan bukan hanya menjadi hak bagi masyarakat yang tinggal di kota, namun juga menjadi hak seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang tinggal di wilayah-wilayah terpencil di ujung perbatasan Indonesia. (ZA/BBS)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pekalongan

Jl. Dr. Sutomo No.190, Pekalongan - 51129

Telp (0285) 4416539

Fax. (0285) 4416538

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

© 2018 Pengadilan Agama Pekalongan Kelas 1A Designed by Joomla
Jl. Dr. Sutomo No.190 Pekalongan - 51129 Jawa Tengah
Telp (0285) 4416539 Fax. (0285) 4416538