DDTK PELAYANAN SERVICE EXCELLENCE PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN
Pekalongan, 13 Agustus 2021. Pegawai Pengadilan Agama Pekalongan khususnya dibagian pelayanan pada pagi ini pukul 08.30 WIB berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan pelayanan oleh pegawai Bank Syariah Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dalam melayani para pencari keadilan. Pelatihan bertempat di Ruang Sidang Utama dan dimulai dengan sambutan oleh Bapak Drs. Khairuddin, M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan. Beliau menjelaskan untuk DDTK kali ini diisi oleh pegawai BSI yaitu Ibu Iliya F. selaku CBRM (Customer Banking Relationship Manager) BSI, Ibu Aina F. dan Mba Dhita Ayu R., beliau berharap dengan adanya pelatihan ini, seluruh petugas pelayanan bisa menerapkannya.
Wakil Ketua memberikan sambutan
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh ibu Iliya. Beberapa hal yang dibahas oleh ibu Iliya yaitu terkait konsep dasar layanan. Dalam pelayanan yang prima harus diterapkan konsep dasar 6A yaitu Attitude ( Sikap), Ability (Kemampuan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Accountability (Tanggungjawab), dan Appearance (Penampilan). Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan bermain peran (roleplay), dalam sesi ini petugas pelayanan diminta untuk mempraktekan yang biasa mereka lakukan dalam melayani masyarakat. Dimulai dari Didik Nurwanto sebagai petugas informasi dilanjutkan dengan Ardli Fitrianto, A.Md. sebagai petugas pendaftaran perkara, kemudian Nabila Inas Shabrina, A.Md.T. sebagai kasir dan yang terakhir Dzilalin Mardlotilah, S.H. sebagai petugas pengambilan produk.
Penyampaian materi
Sesi Roleplay
Sesi tanyajawab
Setelah selesai sesi roleplay dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara berakhir pukul 11.00 WIB dengan penyampaian kesan dan pesan oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan yaitu dengan adanya pelatihan hari ini akan diterapkan evaluasi secara berkala terhadap petugas pada bagian pelayanan agar dapat memberikan pelayanan secara prima.